15393

HARI INI 5
BULAN INI 15393
TAHUN INI 1625

Profil PPID Pelaksana

Publish Sabtu, 03 Agustus 2024

Dibaca 33 kali

Profil

Keterbukaan informasi merupakan ciri penting negara demokratis yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat. Hal ini tertuang dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Peraturan Pemerintah Nomor 61 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008. 

Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah tersebut memberikan jaminan atas hak masyarakat untuk mendapatkan informasi dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan peran aktif masyarakat dalam pengambilan kebijakan publik dan pengelolaan badan publik yang baik. Keduanya mengamanatkan badan publik untuk melaksanakan pengelolaan dokumentasi dan pelayanan informasi dalam mewujudkan keterbukaan informasi publik.


Struktur Organisasi PPID Kabupaten Sidoarjo sebagai berikut :

  • Atasan PPID Utama : Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa
  • Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Pelaksanan : PROBO AGUS SUNARNO, S.Sos., MM selaku Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa
  • Pranata Humas


Tugas PPID :

  • Mengelola, menyimpan, mendokumengtasikan, menyediakan dan memberi pelayanan Informasi kepada Publik.
  • Mengidentifikasi dan pengumpulan data Informasi dan Dokumentasi
  • Melakukan Pengelolaan penataan dan penyimpanan Data Informasi dan Dokumentasi.
  • Mengklasifikasikan Informasi dan Dokumentasi.
  • Melakukan Uji Konsekuensi atas Informasi yang dikecualikan.
  • Melakukan Pemukathiran Informasi dan Dokumentasi.
  • Menyelesaikan Sengketan Informasi dengan pendampingan PPID Pemerintah Kabupaten Sidoarjo.
  • Melaporkan hasil pelaksanaan tugasnya kepada Atasan PPID.

Dasar hukum dibentuknya PPID Pelaksana Dinas PMD Sidoarjo adalah :

  • UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi publik.
  • PERKI 1 Tahun 2021tentang Standar Layanan Informasi Publik.
  • PERKI 1 Tahun 2013 tentang Prosedur Penyelesaian Sengketa Informasi Publik
  • PERKI 1 Tahun 2017 tentang Pengklasifikasian Informasi Publik.
  • Perki 1 Tahun 2018 tentang Standar Layanan Informasi Publik Desa.
  • PERGUB Jatim Nomor 8 Tahun 2018 tentang PPID di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.
  • Keputusan Bupati No. 97 Tahub 2017 tentang PPID Kabupaten Sidoarjo.
  • PERBUP No. 98 Tahun 2018 tentang Pedoman Pengelolaan Pelayanan Informasi dan Dokumentasi di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo



Bagikan :

BERITA POPULER

SAKIP RB

Jumat, 25 Maret 2022

HASIL SKM TW III TAHUN 2023

Selasa, 14 November 2023

MAKLUMAT PELAYANAN

Kamis, 24 Juni 2021

ZONA INTEGRITAS

Jumat, 25 Maret 2022

BERITA TERKINI

Loading...